Merdeka, Untuk Kita Semua

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Filament.io 0 Flares ×

kojakers

Merdeka. Satu kata berbaris makna. Tiap orang pasti memiliki kemerdekaannya masing-masing. Merdeka untuk berbicara, merdeka untuk mecinta, merdeka untuk menjadi diri sendiri, atau apapun bentuk kemerdekaan yang mereka pegang sebagai satu kunci untuk menjalani hari dengan langkah pasti.

 

Lalu, apa kemerdekaanmu Dim? Dulu, buat daku merdeka itu artinya kebebasan untuk melakukan apapun yang daku mau. Mulai dari bagaimana daku mengisi waktu luang, memilih jurusan kuliah, atau bahkan merdeka untuk menjadi jomblo *begh, curcol!*

 

Tetapi, kemerdekaan yang sudah diperjuangan oleh pahlawan bangsa tidaklah sesimpel itu. Mereka menggadangkan senjata melawan musuh, berpeluh darah dan berlari diantara desingan peluru, bukanlah untuk melihat kita berkeluh kesah.

 

Karena itu, kemerdekaan yang telah kita rasakan selama 64 tahun terakhir ini akan daku tunjukan dengan bernyanyi-nyanyi di kamar, pake daster, pake wig pirang, terus di rekam pake handy cam. Tentu saja tak lupa bakal daku upload di Youtube supaya semua orang bisa liat aksi daku *lho ini yang nulis Marshanda atau Dimas sih? Kekeke*.

.

Well, menurut daku sih, kemerdekaan yang kita rasakan harus diisi dengan penuh tanggung jawab. Apa sih yang bisa dilakukan orang biasa seperti daku di negara seindah, sebesar dan sebhinneka ini? Simply, tidak membuang sampah sembarangan, membayar pajak, mematuhi hukum yang berlaku dan masih banyak hal ‘kecil’ lain sebagai penghargaan dan perhatian kepada bangsa ini. Tapi kamu kan masih beli DVD bajakan Dim? Errrr iya sih, tapi itu kan…. *kabur ke Segitiga Bermuda sama Gita Gutawa*.

 

Perhatian ‘kecil’ itu pun muncul dari Goenrock, teman karib saya di Kopdar Jakarta. Keahliannya dalam menyuting pelem, membuat animasi dan hal-hal kreatif lainnya, mencetuskan ide untuk membuat video dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke – 64 mendatang. Video apa itu? Tentu saja tak lepas dari kegemaran keluarga besar Kopdar Jakarta untuk berkaraoke bersama, tapi kali ini kami menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan masing-masing versi *walaupun daku menyanyi seperti di bawah todongan senjata tentara Jepang, huhu*.

 

Sungguh, hasilnya keren banget. Perjuangan Goenrock untuk merekam dan mengedit, Imam dan daku mencari pernak-pernik kemerdekaan, serta semangat temen-temen Kopdar Jakarta untuk berkumpul di hari Minggu yang cerah menghasilkan video yang menjadi hadiah kami bagi bangsa Indonesia, bangsa yang kami cintai, bangsa yang telah membebaskan kami *dengan bertanggungjawab* sebagai blogger untuk bisa mengekspresikan diri di dunia maya serta bangsa di mana para warga mayanya dengan lantang meneriakkan “Kami Tidak Takut!” kepada teroris yang sempat ‘menjatuhkan’ semangat negeri.

 

Inilah hasil video dari Kopdar Jakarta menyanyikan lagu ‘Hari Merdeka’ sebagai persembahan kami kepada Republik Indonesia:



Kami pun tak lupa untuk mendukung gerakan #IndonesiaUnite, sebuah gerakan atas prakarsa warga Indonesia yang menggalang kebersamaan melalui jaringan sosial twitter, yang kemudian oleh Mas Ramya digagas untuk membuat situsnya dan Iqbal yang mempopulerkan gerakan ini melalui Facebook. Di bawah ini adalah video dari Kopdar Jakarta untuk mendukung atas gerakan hebat ini:



Nah, menurut kamu sendiri, apa arti dari kemerdekaan? (*)

34 thoughts on “Merdeka, Untuk Kita Semua

  1. As our beloved country gets another anniversary, a question repeatedly we have to ask ourselves is: “What have I done to sustain this freedom last longer?”

    Quoting JFK on his famous rhetoric speech: “Ask not what your country can do for you, but ask what you can do to your country..”

    [Reply]

  2. Pingback: Ina PurpLe.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco