Tips Semangat Gym Di Pagi Hari

Setiap orang punya waktu yang berbeda kapan tepatnya badan berfungsi dengan maksimal alias berasa seger banget untuk beraktivitas. Ketika daku baca di beberapa referensi, banyak atlit dan penggiat fitness, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah pagi hari. Ada alasannya sih, karena olahraga pagi itu bisa ngajarin kita untuk konsisten, tidur lebih nyenyak, sampai ngurangin berat badan *daku banget!*.

Banyak alasan sih sebenarnya kenapa orang suka gym di pagi hari, nah kalau daku kenapa demen gym pagi di Fitness First bareng Personal Trainer (PT) daku di program #FFLetsGetPersonal dan bagaimana caranya ada di bawah ini:

  1. Memulai untuk tidur lebih awal. Nah, kalau kamu biasanya tidur jam 1 pagi, jangan harap sih bisa dengan mudah bisa tidur jam 10 malam dan langsung bisa ketiduran. Walau sekarang daku pulangnya lebih malam banget, tetapi daku selalu usahain untuk tidur 30 menit lebih awal dari biasanya. Targetnya supaya daku bisa konsisten tidur lebih awal dan bangun lebih pagi dengan badan lebih segar.
  2. Beri waktu untuk benar-benar ‘bangun’. Daku biasanya bangun sejam lebih awal sebelum waktu gym yang kadang mulai jam 6 atau 7 pagi. Untungnya PT di FF pada rajin ngingetin jadwal latihan, jadi daku gak mudah lupa juga. Saat bangun kita bisa melakukan aktivitas lain seperti ibadah, sarapan buah, minum kopi, atau sekedar membalas email kerjaan. Aktivitas ini bisa membuat otak kita mulai bekerja dan mengurangi kantuk.
  3. Selalu siapkan perlengkapan gym lebih dulu. Daku kalau mau nge-gym pagi, malam sebelumnya daku udah siapin semuanya, mulai dari baju yang dipake, sepatu, baju ganti, alat mandi, dan lainnya. Nah jangan lupa letakkan tas gym di depan pintu, dalam mobil, atau dimana saja kamu berasa nyaman dan cepat untuk bisa langsung dibawa. Tapi ingat, sebaliknya jangan lupa segera mengeluarkan baju yang sudah kamu pakai setelah gym supaya tas kamu selalu bersih.
  4. Pilih latihan yang realistis. Kalau kamu ternyata terlanjur bergadang dan waktu tidur masih kurang, wajib banget untuk komunikasi ke PT kita untuk mengganti latihan dengan yang lebih ringan. Tetapi apabila kita memang sudah siap dan fit untuk latihan seperti biasa, go for it. Intinya jangan sampe kita bangun pagi lalu malas berangkat gym karena bayangin gym yang tidak sesuai dengan porsi atau sesuai latihan yang sudah disepekati bersama PT.
  5. Beri hadiah kepada diri sendiri. Serius, ini beneran, hahaha… Kalau kamu punya keinginan melakukan sesuatu setelah latihan di gym pada hari itu seperti baca buku kesukaan, potong rambut, mani pedi buat cewek, dll, nah supaya semangat, kita bisa bilang ke dalam diri, kalau misalnya berhasil bangun pagi dan gym dengan maksimal, daku mau beli buku yang daku incer dari kemarin, ah! Dengan memberikan reward, itu bisa memberikan perasaan positif dari pagi hari untuk memulai latihan. Satu lagi yang penting, jangan memberikan reward dalam bentuk makanan, apalagi yang high calories ataupun  junk food. Kita perlu makan makanan yang sehat tentu supaya kita punya energi untuk melakukan aktivitas sehari penuh. Kalau temenku bilang, “You’re not a dog, don’t reward yourself with food”. Hihihi…
  6. Berbagi rencana. Sebagai manusia, pasti kita sebel banget kalau gagal. Seperti daku juga. Makanya kenapa daku selalu share rencana gym daku ke temen-temen melalui akun social media mulai dari Path sampai Twitter. Kenapa? Kalau pas selfie daku masih keliatan buncit pasti digodain dan daku mulai semangat lagi untuk merubah diri. Atau pun kalau daku mulai malas, biasanya pada rajin ngingetin juga.
  7. Olahraga bareng orang lain. Tentu saja orang lain ini bisa teman kita atau yang terbaik adalah bareng PT. Seperti di Fitness First dimana PT menjadi partner olahraga terbaik dan bisa menjadi teman diskusi untuk bisa mendapatkan pola latihan yang maksimal.
  8. Konsisten. Daku berusaha untuk bangun di jam yang sama setiap hari – bahkan di weekend juga. Daku percaya badan kita akan punya alarm dimana kita terbiasa bangun di jam tertentu, otomatis seterusnya kita akan lebih mudah untuk bangun di jam yang sama. Karena bagaimana pun badan perlu latihan untuk bisa bangun sesuai jam yang kita inginkan dan ideal.

Nah, kalau misalkan setelah melakukan semua itu kamu masih susah bangun pagi, jangan stress dan patah semangat. Kuncinya adalah konsisten dan punya tujuan yang jelas untuk bisa hidup lebih sehat, karena siapa lagi yang bisa menghargai badan kita selain kita sendiri?  Setuju? Kalau kamu bagaimana caranya supaya bisa berolahraga pagi? (*)

13 comments

  1. sebenernya waktu awal nge-gym udah berasa lebih enakan pagi.. berasa nafas jauh lebih enteng dibanding malem.. Tapi entah kenapa akhirnya malah memilih dan nyaman nge-gym malam hari sampai sekarang. Berhubung sekarang udah resign dari kantor dan belum kerja lagi, aku mo coba nge-gym pagi lagi ah…

  2. Dulu sempet join 1 th di CF tapi males banget kalo disuruh gym, kerjaan nya cuman sauna aja hahaha. Alhasil badan makin melar karena kebanyakan nongkrong makan sepulang sauna :-0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

dimas novriandi Proudly powered by WordPress