Tips Persiapan Liburan ke Raja Ampat

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Filament.io 0 Flares ×

Hah? Kemana, Kak? Raja Ampat? Are you serious?

Masih teringat jelas perbincangan saya dengan teman baik saya Ellyse, yang namanya popular di Instagram dengan akun @esinsilia melalui aplikasi chatting WhatsApp.

Iya Kak, jalan-jalan ke Raja Ampat! Mau, gak?

Saya pun berteriak kegirangan dan tentu saja saya menjawab, MAU BANGET IKUT! Bagi saya, melancong ke Raja Ampat itu seperti pergi ibadah bagi para traveler di Indonesia. Mendengar Raja Ampat saja langsung terbayang hamparan laut biru dengan gugusan pulau-pulau cantik yang bisa dinikmati sejak matahari terbit sampai terbenam.

Walau pun sebenarnya saya merasa sangat khawatir dengan diri sendiri karena saya bukanlah tipe penjelajah wisata dengan satu tas ransel untuk kebutuhan selama seminggu, haha. Intinya, saya ragu, apa bisa, ya?

Ketika saya berbagi kegembiraan saya dengan sahabat-sahabat blogger saya, mereka pun turut senang tapi dengan pertanyaan dan pernyataan yang nyaris sama.

Kamu yakin, Dim? // Bukannya kamu kalau jalan-jalan kudu yang bawa koper gitu, ya? // Kamu kan rempong banget bawaannya!

Pertanyaan bertubi-tubi dari mereka membuat nyali saya semakin ciut, haha. Tetapi saya tak patah semangat! Pergi ke Raja Ampat barengan sama teman-teman yang seru tidak akan datang untuk kedua kali! Kali ini saya sangat beruntung bisa berangkat dengan teman-teman perjalanan yang super menyenangkan, bersama @esinsilia, @ernandaputra, @keenanpearce, dan @ayladimitri. Sejujurnya rada minder juga sih karena siapalah daku dibanding kakak-kakak ini yang setiap posting foto di Instagram yang nge-like udah kayak satu supporter lapangan basket atau lebih, haha. Tetapi ketika dimulai dari menginjakkan kaki bersama di bandara Soekarno Hatta. I know exactly this journey going to be super duper awesome with them!

Tapi genk, sebelum saya cerita serunya perjalanannya seseru apa, saya mau berbagi tips persiapan liburan ke Raja Ampat. Kamu harus percaya sama saya karena ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan daku bukanlah travel blogger kawakan yang sudah jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di berbagai penjuru Indonesia, jadi isinya apa adanya begini, haha. Siap?

Tips Persiapan Liburan ke Raja Ampat

Ini dia 3 (tiga) tips paling penting yang ingin saya bagi ke kamu:

1. Sewa Hostel Dari Awal

Saya sangat beruntung bahwa perjalanan saya ke Raja Ampat menjadi sangat nyaman karena panduan dari teman-teman Kakatua Hostel. Hostel yang asyik banget dan nyaman untuk ditinggali, plus para staff yang ramah dan jago masak, haha. Sebelum kamu menuju ke Raja Ampat silakan untuk memesan kamar melalui website Kakatua Hostel atau telepon ke +62 821 9750 9582 jauh-jauh hari, yah! Rate kamar disini pun sangat bersahabat, saat ini sekitar IDR 275 ribu per orang (tapi silakan untuk dipastikan lagi). Kamu nanti akan tinggal sekamar berempat dengan ranjang tingkat empuk plus AC yang adem. Penting banget ini, haha. Bagi saya dan teman-teman, tinggal di Kakatua Hostel sangat recommended! *pasang jempol sepuluh*

Kakatua Hostel Raja Ampat

Hal yang paling saya nikmati adalah area tempat makan yang menjadi tempat nongkrong saya dan teman-teman setiap malam, bahkan terkadang lewat tengah malam. Ngobrol, berbagi cerita, tertawa terbahak-bahak, sambil sesekali upload foto perjalanan hari itu ke Instagram atau bermain Snapchat karena akses WiFi-nya cukup kencang. Senang! Atau saat-saat di pagi hari di mana kami ngobrol sambil sikat gigi bareng, haha. Kamu juga bisa melihat seperti apa bagusnya Kakatua Hostel melalui akun instagram mereka di @kakatuahostel atau search hashtag #CeritaKakatua.

2. Pakaian dan Kamera

Bagaimana pun kedua hal ini saling mendukung, apalagi perjalanan ke Raja Ampat harus banget untuk diabadikan! Dan sejujurnya, sangat effortless untuk bisa mendapatkan gambar pemandangan cantik. Kayaknya jepret sambil merem juga bisa dapat gambar bagus, haha. Nah, pakaian apa yang harus dibawa ke Raja Ampat?

Menurutku, untuk cowok cukup pakai celana pendek yang sekaligus bisa untuk renang (banyak banget dijual kayak di H&M or Top Man) jadi gak repot bawa ganti. Atasannya? Kaos dan jaket anti air penting dibawa karena terkadang anginnya sangat kencang dan jaket ini sangat menolong. Nah untuk cewek, kamu bisa ready dengan baju renang dan luarnya bisa pakai celana yang simple serta atasan yang gak ribet juga. Jangan lupa bawa pashmina or jaket juga, yah. Setiap perjalanan sebaiknya selalu sedia handuk kecil, underwear?kalau ingin ganti, serta sepasang baju kering. Lalu jangan lupa pakai sandal gunung karena terkadang karangnya sakit untuk diinjak. Walau beberapa dari kami juga bawa sandal jepit untuk sekedar jalan-jalan di pinggir pantai.

Tips Liburan ke Raja Ampat

Nah kalau kamera, kalau kamu punya GoPro akan sangat membantu karena bisa digunakan underwater jadi bisa dapat banyak gambar cantik yang banyak di bawah air. Selain itu, kamera biasa juga boleh banget dibawa (kalau bisa bawa tas anti air untuk menaruh semua kamera dan gadget). Ingat, selalu berhati-hati untuk membawa kamera karena kebetulan waktu itu Kak Nanda gak sengaja menceburkan kameranya dan langsung rusak selensanya :( Selain itu, kamera hape sebenarnya juga sudah cukup kok, yang paling penting, nikmatilah perjalanannya dan kebersamaan dengan teman-teman kamu. Oh iya, batere cadangan juga sangat penting, itu kalau kamu pemalas nge-charge seperti saya sih, haha.

3. Kebutuhan Pokok Lainnya

Ini banyak sih, yang pertama adalah bawa duit tunai, bahkan kalau bisa kamu sudah menyiapkan duit dari kota asal, karena cari ATM jadi perkara sulit di Raja Ampat, haha. Selanjutnya jangan lupa untuk bawa sunblock, sumpah ini penting banget gais! Terutama bedakan sunblock untuk wajah dan anggota tubuh lainnya. Paling penting, oleskan setiap 3 jam at least supaya efeknya bisa berasa. Karena waktu itu saya pede hanya pakai di pagi hari, pulang-pulang gosongnya kayak abis dijemur sebulan penuh di padang pasir! *lebay*. Tapi beneran sampe sekarang gosongnya gak hilang-hilang, haha.

Kemudian jangan lupa bawa tissue, minyak angin/tolak angin, dan obat-obatan pribadi seperti obat luka dan lain-lain. Ternyata ini penting banget. Karena saya memang mister rempong, jadi saya bawa semua di dalam tas backpack saya dan selalu saya bawa kemana-mana. Ternyata sangat menolong seperti luka-luka tak terduga yang harus diatasi (seperti kena karang, beberapa dari kami mengalami luka kecil ini) sampai mabuk lauk.

Nah, itu dia beberapa tips persiapan liburan ke Raja Ampat. Pengen tahu berapa budget yang diperlukan dan cerita lainnya? Ditunggu yah cerita selengkapnya di postingan #CeritaKakatua berikutnya! O, iya, kalau ada yang mau tanya-tanya bisa banget langsung tanya dan mention ke akun Twitter daku di @dimasnovriandi dengan hashtag #CeritaKakatua, yah! Jadi, kapan rencana liburan ke Raja Ampat? (*)

 

 

 

10 thoughts on “Tips Persiapan Liburan ke Raja Ampat

  1. Wah ini Kakatua Hostel, oke banget ya tampaknya! Ada Wi-Fi pulak *penting* haha … :lol:

    Baru tau kl ada celana pendek yang sekaligus bisa untuk renang. Kapan2 cari ahhh …

    [Reply]

    Dimas Novriandi Reply:

    Hahaha iya ada Wi-Fi yang bikin tambah betah :D Iyah banyak lho, jadi abis nyemplung lalu celananya cepet kering ;)

    [Reply]

  2. Kalau nggak diving, rugi nggak sih kalau ke sini? Aku berkali-kali batalin niat mau ke sini karena belum bisa diving, ngerasa sayang aja jauh-jauh ke sini nggak bawa underwater footages. :roll:

    [Reply]

    Dimas Novriandi Reply:

    Gak kok Kak Goen! Karena dengan snorkling aja udah bisa dapat banyak pemandangan seru dan footages yang okeh, serius! Cus ah berangkat, hihi :D

    [Reply]

  3. Keren banget ya raja ampat, sayangnya jauh. Kalo saya mending ke tanjung lesung lebih deket soalnya rumah ane di perumahan citra maja raya banten. murah cuma ratusan juta bisa punya rumah deket tanjung lesung.

    [Reply]

  4. Hi kak.. Gue awal april besok kan mau ke raja ampat nih mendadak bngt. Gue masih bingung apa aja yg harus dibawa kalo cewek. Btw kalau boleh tau cuaca disana gimana sih ? Panas atau dingin ?? Tolong infonya ya kak. Thx

    [Reply]

  5. Ka waktu itu berapa lama disana, terus bisa share nggak budgetnya disana supaya kita ada gambaran, soalnya aq denger katanya kalo ke wayag harus bayar smacem tambahan biaya gt bisa sampe 25juta apa bener ya? thanks

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco