kembali ke tahun 80-an

Saturday, February 2nd, 2008

3 Flares Twitter 0 Facebook 3 Filament.io Made with Flare More Info'> 3 Flares ×

Beruntungnya bisa menjalani masa tahun 80’an sebagai anak-anak. Belum krismon, duit seratus perak udah bisa beli berbagai macam snack dan permen, plus, yang pasti ritual bermain bersama-sama di halaman rumah masih sering dijabanin. Gak seperti anak-anak jaman sekarang yang lebih demen nongkrong di depan tv atau maen game sampe mabok.

Nah ngomong-ngomong masalah jajanan di tahun 80-an, masih pada inget gak sih? Pasti masih berasa samar-samar ya? Hehe… Nah untuk mengingat kembali, dan setelah melalui serangkaian wawancara dengan mereka yang benar-benar menjadi saksi hidup tahun 80-an, terkumpulah beberapa aneka permen dan snack yang happening banget saat itu, ini dia :

CHELSEA
Free Image Hosting at allyoucanupload.com Nih permen sumpah kondang banget di era tahun 80-an. Mau anak-anak di ujung Aceh *aku maksudnya, huhu* sampai Pulau Jawa dipastikan pasti pernah ngerasain permen unik ini. Dengan kotak hitam bergambar bunga warna-warni, disediakan pula lobang di tengah yang memberi kesempatan permen di dalamnya agar bisa ngintip dan diintip. Di dalamnya ada sepuluh butir permen berbentuk batu bata kecil yang dibungkus kertas aluminium berkembang-kembang senada. Begitu bungkusnya yang terlipat rapi itu dibuka, aroma manis yang sangat Chelsea bakalan membuat anak-anak semakin menggila untuk segera mencoba. Hihi… Permen ini ada tiga macem rasa, masing-masing rasa dibedakan oleh warna kembangnya. Ada yang kembangnya merah dengan rasa butter scotch, coklat dengan rasa coffee scotch, dan yang hijau dengan rasa yoghurt scotch. Huhu… Dimana engkau Chelsea saat ini?

COCORICO
Free Image Hosting at allyoucanupload.comAku cinta permen ini! Huhu…. Kemasan batangannya mirip seperti permen Kopiko jaman sekarang yang terbaru. Walau isinya minimalis karena hanya terisi 6 butir permen yang berbentuk kotak kecil, permen ini pantas untuk jadi legenda, hehe… Yang pasti permen ini enak banget, warnanya transparan, dan yang rasa jeruk…. Damn! Sumpah enak!

PINDY POP
Permen gak penting. Hehe… Permen ini tampaknya sebagai awal dan tonggak sejarah dari munculnya permen bertangkai seperti Chupa Cups, tapi bedanya nih, kalo Chupa Cups bentuknya botak bulat, nah kalo Pindy Pop ini, bentuknya lollipop gepeng. Logonya bergambar beruang (sayang fotonya gak ada), dan punya rasa yang beraneka. Iya ya… Kemana ya hilangnya permen aneh ini?

CHICLETS
Free Image Hosting at allyoucanupload.comIni permen karet favoritku! Bentuknya yang seperti gigi *sampai dulu pernah benar-benar dicoba seharian menggantikan gigi ku yang ompong, hm… ternyata keisenganku yang bodoh sudah kulakukan sejak kecil, haha*. Warna bungkusnya yang kuning terang pastinya sangat menarik perhatian anak-anak seperti aku yang sangat doyan jajan di warung. Tapi permen ini punya satu kecacatan, ternyata tak bisa dibikin balon. Mau makan satu kotak mpe berbuih juga gak bakal bisa jadi balon, hihi…

TIC-TAC
Free Image Hosting at allyoucanupload.comNah kalo permen yang ini mungkin bisa menjadi asal muasal dari permen Frozz. Jaman dulu gak ada permen sefunky ini, kecil-kecil berwarna-warni, dan dikemas dalam kotak plastik transparan dengan tutup flip-flop yang keren banget. Tapi sayangnya, kalo cuma ngemut satu pasti gak berasa, jadi harus ngemut sekaligus banyak supaya lebih nendang di mulut, hehe.

COKLAT AYAM
Free Image Hosting at allyoucanupload.comPerasaan nih, dulu coklat ayam ini enak banget deh, dibandingin sama Silverqueen.
Coklatnya meleleh dimulut dan empuk pisan. Dan yang penting, murah! Hihi… Sempet diproduksi ulang beberapa tahun belakangan ini, dan demi memori masa kecil, dengan heroik aku ambil beberapa batang coklat ayam ini dan kumakan…. Tapi rasanya, huhu… Seperti sabun (ini istilah pejuang 80-an lainnya, hehe). Yah memang terkadang kenangan masa lalu cukup disimpan, tak perlu diulang kembali, halah!

CHIKI
Free Image Hosting at allyoucanupload.comPlease welcome, the most legendary snack in Indonesia! Haha… Chikiku sayang… Ini makanan favorit aku banget dari jaman kecil sampai saat aku berumur 25 tahun, hihi. Sebenarnya snack ini penuh fatamorgana, kemasannya kembung, tapi setelah dibuka… sssshhhh… kempes deh, dan isinya pun bisa habis dalam hitungan sampai 10. Tapi bola-bola ringan ini selalu menggoda untuk dicoba. Dulu waktu kecil suka banget sama yang rasa coklat, tapi sekarang lebih demen yang rasa keju. Emang sih, sepertinya penyedap rasanya segambreng, soalnya bisa bikin nagih semua anak-anak untuk membeli dan terus membeli produk ini. Jadi inget jaman Pekan Raya Jakarta jadul. Biasanya ada stand Chiki, terus ada boneka besar berisi manusia berbentuk Chiki yang selalu menyapa, dan aku pun merengek-rengek untuk difoto bareng ma icon Chiki itu, hihihi…. Gak kebayang kalo sekarang. Eh tapi masih ada gak ya stand itu di PRJ?

Wafer SUPERMAN
Free Image Hosting at allyoucanupload.comIni adalah salah satu snack yang masih aku konsumsi sampai… sekarang. Sempat menghilang dari peredaran begitu lama, bahkan di supermarket besar pun tak pernah tampak kemasan oranye perak dengan gambar Superman terbang ini. Tapi suatu hari ketika aku mau membeli Biskuat (jajanan masa kini yang paling enak) di warung deket kos, tiba-tiba mataku berbinar-binar menatap sekumpulan wafer Superman di dalam tabung plastik yang dijual tepat sebelah Biskuat. Aku ambil 5 batang, dan langsung kumakan! Dan ternyata wafer ini tetap enak bro, gak kalah sama jaman dulu. Hihi…

ANAK MAS
Free Image Hosting at allyoucanupload.comHayo ngaku siapa yang pernah doyan sama Anak Mas? Hehe… Ini salah satu snack masa lalu yang sangat aku rindukan. Teringat dulu saat Mama selalu membeli produk ini satu kemasan karton, karena memang anak-anaknya adalah predator Anak Mas tingkat tinggi dan sudah masuk tahap akut. Mungkin kalo kamu anak angkatan 90-an bingung, seperti apa sih bentuknya? Nah bayangkanlah kemasan mie instant, tapi lebih kecil. Cara makannya, cukup diremas-remas, bisa pake tangan, didudukin, atau dilindes mobil, kemudian taburkan bumbu ke dalam kemasan, kocok-kocok sampai tercampur, dan kemudian silahkan menikmati, duh nikmatnya! Dan biasanya kalo sudah habis, ritual selanjutnya adalah menjilati bumbu yang tertinggal di tangan dan di dalam kemasan, hihi… Seru!

Yah begitulah sekelumit jajanan masa kecil yang kalo diingat-ingat, tampaknya lebih enak dibandingkan jajanan jaman sekarang. Mungkin ada yang mau nambahin produk lain yang kamu tahu? (*)


86 Responses to “kembali ke tahun 80-an”

  1. ewin says:

    Mau ijin ambil artikelnya ya…..jadi inget jajanan kecil dulu.
    Thank’s a lot

    [Reply]

  2. Dimas says:

    silahkan mas ewin… :)

    [Reply]

  3. Nawan says:

    wuihhhhhhhhhhhhh…..
    mau banget tuh, jadi inget jaman TK en SD dulu..

    tuh makanan favorit ku waktu kecil, apalagi permen cocorico.. ada cerita lucu soalnya, waktu itu masih inget waktu perjalanan pulang kampung ke YK ma ayahku dari subang, waktu itu naek bis kota dari terminal mau ke tempet nenekku, nah waktu naik bis kota di pangku ma ayahku, sambil di pangku aku ngemut permen cocorico…
    karena keenakan di pangku aku ketiduran.. dan pas aku tidur leleh lah permen tersebut dari mulutku, dan di ketawain satu bis.. ga tau deh gimana malunya ayahku, secara aku masih ingusan dan terlelap dengan sangat pulasnya *mgkn karena kecapean 12 jam perjalanan* pas bangun aku kaget karena di sapu tangan ayahku penuh dengan noda “iler cocorico”
    wakakaakakak….

    thx, jadi inget masa lalu..

    [Reply]

  4. boniboncu says:

    hehehe…jajanan kecilku dulu..
    .oya ada lagi mas permen pee wee yang warna-warni….enak bangeet..

    [Reply]

  5. dimasu says:

    wahaha. ada anak mas sama wafer superman.. kegemaran gw dulu ^^ .. tapi saya anak 90-an. waktu itu bakso harganya 250 perak. ketoprak 300 perak. duit jajan saya sehari 1 coin 100 perak.. hihi.. *mengenang masa anak2 cowok bercelana mini*

    btw, itu gambar chiki-nya bernostalgia banget :D

    [Reply]

  6. Hmmm, Chelsea sama TIC-TAC itu saya yang kayaknya saya belum pernah mas. Paling favorit mah dulu itu mah wafer superman. Cuman limapuluh perak kalau nggak salah dulu itu :D

    [Reply]

  7. hariadhi says:

    Coklat ayam jago, permen karet yang panjang warna putih tapi bungkusnya warna-warni itu (apa ya merknya?), Limun, banyaaak deh.

    [Reply]

  8. MaNongAN says:

    Wah ma’af ….. saya belom lahir saat ituh.

    Tapi dulu paling suka : choky-choky, permen sugus, wafer roma, permen karet ala lupus, es goyang, aromanis, limun, rujak bebek, kwaci, amami (mirip anak mas tapi cuma seperempatnya), vitacham, susu ultra, jambu air tetangga, kweni tetangga, jamblang tetangga, dan banyak lagi …. udah lupa.

    .::he509x™::.

    [Reply]

  9. saya jadi inget klo dapet paketan ulang taun gitu, pasti isinya ada wafer superman-nya…gyahahahhaaa…

    tapi saya paling suka anakmas !! itu yahud sekali…

    [Reply]

  10. Febra says:

    hohoho..jadi ingat waktu masih kecil :D..salam kenal juga mas dimas ;)

    [Reply]

  11. Semuanya aku suka, tapi Chelsea aku belum pernah makan…

    [Reply]

  12. Hair says:

    Jangan2 ni orang masuk komunitas taon 80-an nich?

    [Reply]

  13. ayaelectro says:

    kalo jaman sekarang sih, jajanan mahal semua. penjaja makanan nya juga tergolong morotin duit anak sekolahan. hehe. please checkout my blog and give your comment: http://ayaelectro.wordpress.com/

    [Reply]

  14. nadvi says:

    ni kayaknya udah pernah di post yah?
    btw sayah ga tau tuh jajanan kayak gitu, soalnya kata mama gak sehat, jadi dari kecil aku dibiasain makan makanan organik.. *minta ditabok*

    [Reply]

  15. Dee says:

    Iya, ya, jelas ingat. Makannya sambil nonton ACI atau Aneka Ria Safari, atau ngedengerin lagu Kugadaikan Cintaku… hehehe…

    [Reply]

  16. pratanti says:

    lagi nostalgia, atau lagi menyatakan ‘senioritas’? :lol:

    nambahin… selain anak mas, ada juga “mamee”, rasanya ga kalah sama anak mas, dengan ritual makan yang sama (dikasih bumbu setelah diremukin, trus makan di dalem kelas sambil dengerin pelajaran – hmm, nikmatnya dobel)

    [Reply]

  17. franya says:

    tic tac..wah salah satu permen kesayanganku.. gan nyangka aku menemukan kembali di dubai.. and aku jadi ingat waktu massa kecilku.. eh pas buka blog kamu kok kebetulan banget.. pas.. lagi ngasih koment aku lagi makan tic tac..

    [Reply]

  18. cK says:

    hihihi…jadi inget makanan jaman sd. kalau anak sd jaman sekarang mah makanannya junk food.. :lol: :lol:

    [Reply]

  19. alle says:

    chiclets sama cocorico nih yg ky nya sekarang susah dicari..
    Btw,cocorico emang ada rasa apa aja yak?

    [Reply]

  20. ika says:

    huaaa itu yang anak mas kesukaan saya tuh, hargana dulu rp.50 aja. uang saku cuman 100 tapi isa dapat 2 bungkus ,,heheh aku suka rasa keju,..bumbunya bo,,wuuu kerasa banget!

    [Reply]

  21. tata says:

    itu permen chelsea masih ada nggk yah ??

    [Reply]

  22. lei says:

    huaaa membangkitkan kenangan lama! :) cocorico itu aku juga sukaa bgt! anakmas juga..smp skrng masi suka tergoda beli hehehe..

    [Reply]

  23. Harri says:

    minta coklat ayamnya dunk

    [Reply]

  24. ronggur says:

    kalo gak salah dulu ada permen yang pas masuk lidah langsung kayak gemeritik kitu (bahasa apa iini) ya pokoknya kayak meloncat2 gitu di lidah.. apa ya namanya? lupa.. ada yg pernah makan itu?..

    sama permen susu yg bungkus dalamnya itu bisa dimakan dan buatan cina itu loh, tapi sekarang dah gak boleh beredar..

    [Reply]

  25. galihputra says:

    sedikit interupsi.. saia gen-90 an masih sempet ngerasain anakmas :D

    huuh,skarang buyar yah tu jajanan ato gimana?!?

    [Reply]

  26. anakrimba says:

    Kalo unda gen-90an (maksudnya SD-nya taun 90-an), klo jajanan dulu yang unda ingat sama kayak om ronggur, ntah apa namanya, tapi itu permen bisa meledak-ledak, seru. Trus yang paling seru jelas banget jagoan neon yang bisa bikin lidah kita warna-warni, belum lagi sering ada bonus mainannya. Hmm. Oh iya unda juga suka beli permen (ntah apa namanya) judi, ups, itu permen isinya 5 biji, tapi yang manis cuman 4, jadi klo beli bareng mesti ada yang apes, hehehe, seru aja
    Oh iya ada lagi, permen sarsapilla, yang iklan di tipi-nya orang meksiko itu.
    Coklat ayam emang enak, tapi semenjak ada gosip miring unda gk pernah makan itu lagi.

    [Reply]

  27. Indah says:

    Numpang repost di blog aku ya mas…….
    Jadi ber nostalgia dengan jajanan tempo dulu….hehehe

    Thanks B4

    [Reply]

  28. santizaidan says:

    krip krip krip krip.. dulu harganya 25 perak… oh noooo.. masi eksis ga ya itu duit…
    krip krip… kangennn…

    [Reply]

  29. Iman says:

    Buat Unda dan Ronggur, kayaknya yang kalina maksud permen Poprock deh. Itu masih ada kayaknya di pasaran.

    Terus ada jajanan lain yang belum disebut dimas. Es Joly-Joly. Es aneka rasa buah2an, tapi aku paling seneng rasa Coklat dan Anggur. Itu lho yang bentuknya kayak sosis pendek bantet sebesar genggaman tapi dalam satu bungkus ada dua yang masing ujungnya digabung. Jadi kalo mau diparo, mesti bakal adil. Paling enak disruput dari tengah dari ujung2 tersebut.

    Terus juga ada permen yang klo gak salah isinya lima butir. Aku menyebutnya permen bola-bola. Gak pernah inget dan tahu merk benernya apa. Yang jaga warung udah ngerti dan seringkali tinggal ngambil di stoples, jadi tidak ada kebutuhan untuk berkomunikasi dengan yang jualan hehe,,,

    The good ol’days

    [Reply]

  30. funkshit says:

    wafer superman itu harganya cuman 25 dulu. .
    beli 1 buah pake duit 100 kembali 75 :D:D . ..

    chiki paling top tuh .. . tapi trus banyak ssaingan kaya citato chetos dll

    [Reply]

  31. corina says:

    Ya Alloh santii.. aku mikir2, apa ya namanya makanan yg di kremes kremes itu..
    ternyata krip krip..
    ahahaha :))

    [Reply]

  32. dimas.. saya tdk suka jajan karena aa gym blg itu dosa.. makanya dia kawin lagi. he..)

    tapi saya mau beli permen mas.. permen Davos, Permen cicak, ama Sugus. Punya..?
    kalo ga punya, permen Tanah Abang juga gpp…oh, itu preman ya?
    Preman sembada… (hihihi.. candaan lokal, jogja only)

    [Reply]

  33. dimas.. saya tdk suka jajan karena aa gym blg itu dosa.. makanya dia kawin lagi. he..)

    tapi saya mau beli permen mas.. permen Davos, Permen cicak, ama Sugus. Punya..?
    kalo ga punya, permen Tanah Abang juga gpp…oh, itu preman ya?
    Preman sembada…

    [Reply]

  34. regsa says:

    wahaha..saya udah lupa rasanya cocorico..yah masa kecil itu :)

    [Reply]

  35. Fany says:

    waah jadi kangen chikiiii…
    :D

    [Reply]

  36. bebex says:

    wew
    ada chelsea juga
    parah… ^^

    [Reply]

  37. Dino says:

    Anak Mas paling enak!!

    [Reply]

  38. d3d3k says:

    allo, seneng baca tulisan ini, jadi inget masa lalu hehehe…numpang ijin mau nyadur ya mas dimas…salam kenal dari depok!

    [Reply]

  39. olangbiaca says:

    Asl…ehe…jualan jajanan neh mas ? ehe..canda doang…..inget masih kecil2

    ooiya salam kenal mas….

    [Reply]

  40. Farriez says:

    Waaaa…. ma’eman ya udah amat sangat kuriiiindu sekali…
    jadi inget ama anakmas, dulu cuman rp.50 doank isinya lumayan banyak…
    truz naek, naek, dan naek hingga jadi rp.500, isinya jadi dikit bangeeeet, tp skarang uda gak ada kabarnya sama sekali!
    klo wafer superman masih ada mas! sekarang harganya 500 perak, rasa masi tetap sama lho!

    [Reply]

  41. -tikabanget- says:

    woeeeiii…
    inget KRIP-KRIP sama MIAMI ndaakk??!!
    hihihi..

      Dimas: *ngacung* inget! inget! akyu suka sekali ituhhh :D

    [Reply]

  42. Ceci says:

    huah….., kangen makanan jaman cilik…. oya permen yg sarsaparila itu kan Mr.Sarmento dan ada jg kacang Mr. P , msh ada kyk ny di supermarket yah….

    Wah Chiki emang ga ada duanya deh……, btw chiclets msh ada ga sih???

      Dimas: chiclets di luar negeri masi ada ci :D

    [Reply]

  43. sitta says:

    ada permen pindy twist, ada bakso kojek… ada pang pang.. lagunya Mickey Rainbow, Julius Sitanggang, acara TV nya Si Unyil, Klompencapir, Film Akhir Pekan, Cerdas Cermat… weh.. Jadul bangett..

      Dimas: kakaka… julius sitanggang dan klompencapir, happening sekali ituh! :D

    [Reply]

  44. dicky says:

    permen yang klo kita beli ga ada bungkusnya warnanya kaya pelangi ga ada bungkusnya bentuknya bulat rasanya manis, keras dan langsung diambil di toples. tolong apa namanya ak kangen berat.

      Dimas: haduh dicky, kok gak pernah tau ya perasaan, ada yang bisa bantu teman-teman? :D

    [Reply]

  45. Tigis says:

    kalo es jolly inget ga ? ya bisa “dipatahin” di tengah jadi 2 biji terus disruput :)

    btw, gimana kalo dimas jg nge-bahas 80’s dr segi musik. Gue demen bgt tuh musik2x 80’s :)

      Dimas: eh es jolly? iya! iya! daku inget, enak itu, kikiki…
      hm ada ituh tigis, di 20 lagu teromantis versi sayah, lumayan buat menghibur sementara, hehe…

    [Reply]

  46. zef says:

    Dimas, ini link buat gambar pindy pop-nya, biar gambarnya lengkap, hehe…

    http://www.ium.com.my/images/products_candypindypop.jpg

      Dimas: kakaka…. makasih zef, nanti saya tambahkan ;)

    [Reply]

  47. eya says:

    berasa pnah baca ni artikel di sitenya lapanpuluhan? dirimukah yang bikin artikel di sana?

      Dimas: eh mungkin saja si *belum pernah buka lapanpuluhan* soalnya sayah juga menyadur tulisan teman saya *dengan seijinnya tentunya, huehe*

    [Reply]

  48. onie says:

    lek…chikix satu..hehe

    maz tambahin artilel makanan tradisionalx jg—kyk “brondong jagung” mungkin skrg dah di kenal kyk “Pop corn”..hehehe…
    jd inget waktu nipu lelek yg suka jualan didepan SD..hehe

    request foto lelek yg jualan y…supaya ikut tenar..hehe

    thx maz dimas bwt flashback ke masa silam..
    huhu..tangis te rsedu2… :cry:

    [Reply]

  49. CHUSNUL says:

    Chelsea….aduh, thank buanget nih…sudah ingatin tentang permen itu…karena pada waktu kita-kita kalo pada main bersama, entah itu lomba nyanyi atau cerdas cermat antar teman pasti dapat hadiah permen chelsea…duh jadi kangen ya…kalo bisa dibandingin sekarang sih setara kopiko….

    [Reply]

  50. koen says:

    dimaz, klo ga salah dulu ada yang kaya2 chiki gitu, judulnya “Tootsie” apa ya.. tapi tetep paporitku “krip-krip” ama “anak mas”…
    klo boys bandnya trio libels, sampe2 mimpi jadi anggota ke-4 (pikir2 lagi sekarang…huweek…najis) gwakakaka… :lol:

    [Reply]

  51. Helen Joe says:

    permen chelsea ku…
    permen yg biasa ku beli di warung depan rumah…
    walaupun lg bokek tetep beli isian satuan…
    (dijual per biji juga lohhhh…;) ===> baekan yah penjualnya
    coba deh masih ada…diborong abissss….
    i love it…

    [Reply]

  52. tita says:

    Aduh, sampe terkikik sendiri baca artikel ini, aku langsung inget gaya konyol bajuku saat masih kecil dulu, bergaya gak jelas sambil megang bungkus chiki di arena PRJ…..

    [Reply]

  53. pimbem says:

    baca ginian jd kangen dulu…

    btw prj bentar lagi kok mas.. hayo kl msh mo hunting stand chiki :smile:

    [Reply]

  54. wensel says:

    waduhhh ini semua makanan gwe jaman SD da penuh nostalgia di SD gwe dulu !!!!hehehehe :mrgreen:
    jaman nya New Kids On the Block :mrgreen:

    [Reply]

  55. wi3nd says:

    wiiiiwww…seru banged tuch,wow..cocoricona yang rasa jeruk akyu syuka,chiki yang cuklat akyu syukaa….jadi inget masa2 80an itu :cool: :cool: meski gw masih kecil tapi ingeet,tambahan ya dim:
    ~ permen pagoda pastiles,kesukaan bapak
    ~ permen cicak yang wanawani bulet2 kecil tuch..
    ~ biscuit mary
    ~ coklat koin yaa..
    ~ permen susu sapi[nyang gambarnye sapi tuch]
    bacaan sebagian:
    ~ lima sekawan,sapta siaga,hardyboys,bobo,majalah mode,doyok poskota,komik petruk..
    serial tipi:
    ~ rumah masa depan,aji sang jenius[inget ga yang anak kecil pake kc.mata tuuch],unyil,isaura,little house in the prairer[gadis kecil yg kepang 2 gigi ompong hihi],aci,jendela rumah kita,datuk maringgi,midun[sandy nayoan di sengsara membawa nikmat]

    adduuuuhh..jadi kanggeen ke masya2 itccuu.. :wink: :wink:

    [Reply]

  56. wi3nd says:

    nambah dim permainannna beyum :grin: ,ne yang sering gw mainin ma temen2:
    ~ lompat karet xixi..
    ~ petak umpet
    ~ gobak sodor[pas terang bulan seru bangedd!!]
    ~ dompu
    ~ ular naga panjangna[apaan ya namana :grin: ]
    ~ umbi2an yang ditarik2 tuuch
    ~ bentengan.
    waaa..seru banged semuanya dimainkan secara berkelompok,jadi ada rasa kebersamaan,tidak seperti skrg……
    tengkyu diim…[tlah mengingatkan pada masa masa indah dolo..heheh]

    [Reply]

  57. ngakak liat bungkus chiki di masa awal “terbit”. inget pertama kali makan chiki. harganya kalo nggak salah 200 perak (ato 800 ya? lupa!), jaman es-de, yang beli tante, waktu nungguin gw selesai ngeriting rambut di salon. :lol:

    [Reply]

  58. juliansyah says:

    duh klo liat artikel ini jdi kpngin kecil lgi :sad:
    dlu waktu kecil motto gwe “TIADA HARI TANPA MAKAN CHIKI”
    emang enak y hidup di tahun 80’an. lapangan bermain masih banyak trus makanan’a sehat” N enak”.
    klo anak” jaman sekarang pling main’a di warnet berjam-jam duduk di depan komputer.

    [Reply]

  59. angie says:

    postingan lama yang digali kembali,
    kalo ada yang minat sama chelsea, bisa dicari di supermarket impor terdekat
    kapan hari pernah lihat di sogo, -dengan harga internasional tentunya,- tapi setara dengan memori masa kecil

    [Reply]

  60. yessy muchtar says:

    permen cicek….inget gak?
    biasanya selalu ada di sekolahan gitu, 1 plastik kecil harganya kalo gak salah si Rp25. warna warni kinclong banget deh tuuuu…

    sama permen karet pusan…ada yang panjang panjang (kalo itu jadi iconnya lupus ya si hilman) ada juga yang bentuknya kotak kotak…..dan yang sampe sekarang masih ada..cuma mungkin gak di warung….adanya di supermarket besar dan gak bisa beli bijian hehehhe permen karet yang bulet bulet warna warni (curiga kayaknya pewarna tekstil deh ) heheheh

    [Reply]

  61. nanda says:

    yaampun,… :razz: :razz:
    jadi nostalgila nih…
    walaupun masa kecil di awal 90an, tapi masih ngerasain chiklet, coklat ayaM, wafer superman, dan yg paling kangen sama anak mas..
    eh btw anak mas masih diproduksi apa nggak ya??
    klo udah nggak, kayanya harus diproduksi lagi tuh, klo perlu kita demo ke HI…

    [Reply]

  62. andi says:

    Ada yg ketinggalan…Permen yg bentuknya bunder dikasi gula putih..packagingnya kaleng bulat…Rasanya ada jeruk, anggur…apa lagi ya..Lupa namanya..Mungkin ada yg ingat?

    [Reply]

  63. OZ says:

    Halo dimas, website lu akan lebih keren kalau plus lagu2 80 an yg bisa di download,di jamin deh banyak yang kangen sama lagu2 masa itu termasuk aye masih cari lagu angel paff “Harapan Cinta”.Salam 80’s

    [Reply]

  64. irfan says:

    hmmmm. anak mas n chiki. jadi kangen masa kecil nih.

    [Reply]

  65. Dharmananda says:

    Mas,

    Minta izin tempel sebagian artikel di blog ku ya.

    Lagi coba2 bikin blog sejenis tapi laen warna nih. Mampir ya.

    [Reply]

  66. Dharmananda says:

    Mas,

    Sori salah nempelin link yg diatas.

    Blog ku http://eighties-fever.blogspot.com

    [Reply]

  67. tyan says:

    jadi inget masa kecil… :lol:
    cheers…

    [Reply]

  68. citra says:

    wah jd pengen…. Nostalgia euy.
    tapi masih ada yang kurang, kl gw tuh dulu waktu SD hobi bgt sama snack yang namanya MIMI, ky anak mas tp mienya udh dikremes gt, warna kemasannya kuning n putih…. :smile:

    [Reply]

  69. Yams says:

    Salam Kenal semua,
    Mungkin ikut nambahin aja…dulu wkt kecil mah inget betul suka jajan..Agar-agar yg dicetak pake cetakan Unyil, pa raden dll. …ingeet kan!! :mrgreen: terus kalo pulang sekolah mah…biasa iseng (nyobain lotre) di warung dekat rumah ku..Hi,,Hi :wink: (meski di larang Ayahku,,,,Haram Cenah)…Ockay Salam Semuanya :lol:

    [Reply]

  70. ame says:

    wow.. senangnya bisa nostalgia masa kecil..
    that so memorable..
    btw ada yg tau ga dimana bisa nemuin krip2 lagi?…
    kangen..

    [Reply]

  71. nana says:

    yaampun makanannya… kalo aneka snack 2009 gmn??

    [Reply]

  72. dafa says:

    ada yg ketinggalan tp lupa namanya,bentuknya sich kayak coin tipis gt dlm 1 bks isinya banyak warnanya merah kecoklatan rasanya yang gag bikin lupa assssseeeeeeeemmmmm bgt dan terkadang nich masih ada kalo mo nyari d supermarket gede

    [Reply]

  73. Dan says:

    Siaran Radio AM, Fuih! Benci tapi rindu

    [Reply]

  74. Nurul says:

    Mau kembali ke 80-an? Coba deh check ini. Ada yang jualan kaos dengan tema jadul nihhh

    http://www.jajankaos.blogspot.com

    Kocakk aiizzzzz

    [Reply]

  75. bofan says:

    Waduh.. coklat superman nya jangan-jangan emang asli dari taun 80an tuh? Hahaha.. Tapi masih enak ya? Berarti masa kadaluarsanya panjang juga, ya? Hahahahaha.. Bw, tema 80an nya jg ok..

    [Reply]

  76. ali anjana says:

    ingeeeeeet banget tuh Chiki .. sama Cocorico aq beli di warung

    [Reply]

  77. rey says:

    ada satu lagi bang..permen karet YOSAN GUM…kalo ktemu kode huruf N di kemasannya bisa kita tukar dengan hadiah yg tersedia :)

    [Reply]

  78. fika says:

    :shock: weeewww mau mau mau mau bangeeeeeeeett..
    oia site nya bagus .

    [Reply]

  79. cath says:

    dmn nemu krip-krip skrg ini ya?????

    [Reply]

    Dimas Novriandi Reply:

    dulu pernah nemu di salah satu pasar tradisional di… temanggung! :))

    [Reply]

  80. iwel says:

    hahaha… masa paling indah tuh taon2 segitu… masih inget Bung Damtur ga..? ituloh penyiar radio yg suka kirim2 salam… In bgt tuh ditaon segitu… repot bgt jaman segitu ya mau kirim2 salam aja susah mau telp ke radio hrs repot ke telp umum dah gitu temen2 dah nungguin depan radio tapi ga masuk2!!! hahaha seru bgt klo sekarang sih tinggal SMS dah disiarin komen kita di radio..!!

    [Reply]

  81. Artikel anda sangat mengesankan. Terima Kasih

    [Reply]

  82. Jadi ingat lagi2 masa2 kecil,kalo ga slah usia ku saat itu 6 thn, sering sekali makan permenPiny pop, sekarng masih ada ga ya/?

    [Reply]

  83. cimuy says:

    mmmh kayaknya masih ada permen tahun 80-an yg terlupakan dech.. mmh permen gula asem.. bentuknya kecil.. kayak gundu kecil terus ditaburin gula pasir.. dibungkus pake plastik putih transparan… tiap abis olahraga waktu SD.. sudah pasti nyari permen gula asem… waktu aku ke solo juli 2011 ternyata masih ada juga tuch permen gula assem.. tapi di jakarta sudah tertelan oleh jamban.. eh jaman… :D

    [Reply]

  84. mama zaidan says:

    jajanan jaman ingusan,,,, msh ingat uang saku 150 rupiah udah bisa borong jajanan sebelah kanan es mambo,sebelah kiri anak mas,trus dalam kantong baju ada permen :lol: :lol: :lol:

    [Reply]

  85. Satya says:

    DuIu aq paling suka Chiki rasa Kacang & bawang goreng, dimakan sama nasi anget didepan TV sambil nonton Unyil… Hahaha…

    Btw, inget gk sama permen Jelly Morello, Gizanda snack & Tootsie snack ????

    [Reply]

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

 photo dimasrounded_zpsd55d0ae3.png


DIMAS NOVRIANDI
Just an Indonesia-based lifestyle blogger covering city life, style, travel, gadget, book and menswear world. Wishing his day had more than 24 hours.
CONTACT ME
[email protected]
CURRENT LOCATION
Jakarta, Indonesia

SEARCH

ARCHIVES

CATEGORIES

Find Me on Google Plus

find me on Instagram

find me on Twitter

find me on Pinterest

find me on Bloglovin

meet up with us

http://kopdarjakarta.com


Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers

3 Flares Twitter 0 Facebook 3 Filament.io 3 Flares ×