kembali ke tahun 80-an

3 Flares Twitter 0 Facebook 3 Filament.io Made with Flare More Info'> 3 Flares ×

Beruntungnya bisa menjalani masa tahun 80’an sebagai anak-anak. Belum krismon, duit seratus perak udah bisa beli berbagai macam snack dan permen, plus, yang pasti ritual bermain bersama-sama di halaman rumah masih sering dijabanin. Gak seperti anak-anak jaman sekarang yang lebih demen nongkrong di depan tv atau maen game sampe mabok.

Nah ngomong-ngomong masalah jajanan di tahun 80-an, masih pada inget gak sih? Pasti masih berasa samar-samar ya? Hehe… Nah untuk mengingat kembali, dan setelah melalui serangkaian wawancara dengan mereka yang benar-benar menjadi saksi hidup tahun 80-an, terkumpulah beberapa aneka permen dan snack yang happening banget saat itu, ini dia :

CHELSEA
Free Image Hosting at allyoucanupload.com Nih permen sumpah kondang banget di era tahun 80-an. Mau anak-anak di ujung Aceh *aku maksudnya, huhu* sampai Pulau Jawa dipastikan pasti pernah ngerasain permen unik ini. Dengan kotak hitam bergambar bunga warna-warni, disediakan pula lobang di tengah yang memberi kesempatan permen di dalamnya agar bisa ngintip dan diintip. Di dalamnya ada sepuluh butir permen berbentuk batu bata kecil yang dibungkus kertas aluminium berkembang-kembang senada. Begitu bungkusnya yang terlipat rapi itu dibuka, aroma manis yang sangat Chelsea bakalan membuat anak-anak semakin menggila untuk segera mencoba. Hihi… Permen ini ada tiga macem rasa, masing-masing rasa dibedakan oleh warna kembangnya. Ada yang kembangnya merah dengan rasa butter scotch, coklat dengan rasa coffee scotch, dan yang hijau dengan rasa yoghurt scotch. Huhu… Dimana engkau Chelsea saat ini?

COCORICO
Free Image Hosting at allyoucanupload.comAku cinta permen ini! Huhu…. Kemasan batangannya mirip seperti permen Kopiko jaman sekarang yang terbaru. Walau isinya minimalis karena hanya terisi 6 butir permen yang berbentuk kotak kecil, permen ini pantas untuk jadi legenda, hehe… Yang pasti permen ini enak banget, warnanya transparan, dan yang rasa jeruk…. Damn! Sumpah enak!

PINDY POP
Permen gak penting. Hehe… Permen ini tampaknya sebagai awal dan tonggak sejarah dari munculnya permen bertangkai seperti Chupa Cups, tapi bedanya nih, kalo Chupa Cups bentuknya botak bulat, nah kalo Pindy Pop ini, bentuknya lollipop gepeng. Logonya bergambar beruang (sayang fotonya gak ada), dan punya rasa yang beraneka. Iya ya… Kemana ya hilangnya permen aneh ini?

CHICLETS
Free Image Hosting at allyoucanupload.comIni permen karet favoritku! Bentuknya yang seperti gigi *sampai dulu pernah benar-benar dicoba seharian menggantikan gigi ku yang ompong, hm… ternyata keisenganku yang bodoh sudah kulakukan sejak kecil, haha*. Warna bungkusnya yang kuning terang pastinya sangat menarik perhatian anak-anak seperti aku yang sangat doyan jajan di warung. Tapi permen ini punya satu kecacatan, ternyata tak bisa dibikin balon. Mau makan satu kotak mpe berbuih juga gak bakal bisa jadi balon, hihi…

TIC-TAC
Free Image Hosting at allyoucanupload.comNah kalo permen yang ini mungkin bisa menjadi asal muasal dari permen Frozz. Jaman dulu gak ada permen sefunky ini, kecil-kecil berwarna-warni, dan dikemas dalam kotak plastik transparan dengan tutup flip-flop yang keren banget. Tapi sayangnya, kalo cuma ngemut satu pasti gak berasa, jadi harus ngemut sekaligus banyak supaya lebih nendang di mulut, hehe.

COKLAT AYAM
Free Image Hosting at allyoucanupload.comPerasaan nih, dulu coklat ayam ini enak banget deh, dibandingin sama Silverqueen.
Coklatnya meleleh dimulut dan empuk pisan. Dan yang penting, murah! Hihi… Sempet diproduksi ulang beberapa tahun belakangan ini, dan demi memori masa kecil, dengan heroik aku ambil beberapa batang coklat ayam ini dan kumakan…. Tapi rasanya, huhu… Seperti sabun (ini istilah pejuang 80-an lainnya, hehe). Yah memang terkadang kenangan masa lalu cukup disimpan, tak perlu diulang kembali, halah!

CHIKI
Free Image Hosting at allyoucanupload.comPlease welcome, the most legendary snack in Indonesia! Haha… Chikiku sayang… Ini makanan favorit aku banget dari jaman kecil sampai saat aku berumur 25 tahun, hihi. Sebenarnya snack ini penuh fatamorgana, kemasannya kembung, tapi setelah dibuka… sssshhhh… kempes deh, dan isinya pun bisa habis dalam hitungan sampai 10. Tapi bola-bola ringan ini selalu menggoda untuk dicoba. Dulu waktu kecil suka banget sama yang rasa coklat, tapi sekarang lebih demen yang rasa keju. Emang sih, sepertinya penyedap rasanya segambreng, soalnya bisa bikin nagih semua anak-anak untuk membeli dan terus membeli produk ini. Jadi inget jaman Pekan Raya Jakarta jadul. Biasanya ada stand Chiki, terus ada boneka besar berisi manusia berbentuk Chiki yang selalu menyapa, dan aku pun merengek-rengek untuk difoto bareng ma icon Chiki itu, hihihi…. Gak kebayang kalo sekarang. Eh tapi masih ada gak ya stand itu di PRJ?

Wafer SUPERMAN
Free Image Hosting at allyoucanupload.comIni adalah salah satu snack yang masih aku konsumsi sampai… sekarang. Sempat menghilang dari peredaran begitu lama, bahkan di supermarket besar pun tak pernah tampak kemasan oranye perak dengan gambar Superman terbang ini. Tapi suatu hari ketika aku mau membeli Biskuat (jajanan masa kini yang paling enak) di warung deket kos, tiba-tiba mataku berbinar-binar menatap sekumpulan wafer Superman di dalam tabung plastik yang dijual tepat sebelah Biskuat. Aku ambil 5 batang, dan langsung kumakan! Dan ternyata wafer ini tetap enak bro, gak kalah sama jaman dulu. Hihi…

ANAK MAS
Free Image Hosting at allyoucanupload.comHayo ngaku siapa yang pernah doyan sama Anak Mas? Hehe… Ini salah satu snack masa lalu yang sangat aku rindukan. Teringat dulu saat Mama selalu membeli produk ini satu kemasan karton, karena memang anak-anaknya adalah predator Anak Mas tingkat tinggi dan sudah masuk tahap akut. Mungkin kalo kamu anak angkatan 90-an bingung, seperti apa sih bentuknya? Nah bayangkanlah kemasan mie instant, tapi lebih kecil. Cara makannya, cukup diremas-remas, bisa pake tangan, didudukin, atau dilindes mobil, kemudian taburkan bumbu ke dalam kemasan, kocok-kocok sampai tercampur, dan kemudian silahkan menikmati, duh nikmatnya! Dan biasanya kalo sudah habis, ritual selanjutnya adalah menjilati bumbu yang tertinggal di tangan dan di dalam kemasan, hihi… Seru!

Yah begitulah sekelumit jajanan masa kecil yang kalo diingat-ingat, tampaknya lebih enak dibandingkan jajanan jaman sekarang. Mungkin ada yang mau nambahin produk lain yang kamu tahu? (*)

Facebook Comments

87 thoughts on “kembali ke tahun 80-an

  1. wuihhhhhhhhhhhhh…..
    mau banget tuh, jadi inget jaman TK en SD dulu..

    tuh makanan favorit ku waktu kecil, apalagi permen cocorico.. ada cerita lucu soalnya, waktu itu masih inget waktu perjalanan pulang kampung ke YK ma ayahku dari subang, waktu itu naek bis kota dari terminal mau ke tempet nenekku, nah waktu naik bis kota di pangku ma ayahku, sambil di pangku aku ngemut permen cocorico…
    karena keenakan di pangku aku ketiduran.. dan pas aku tidur leleh lah permen tersebut dari mulutku, dan di ketawain satu bis.. ga tau deh gimana malunya ayahku, secara aku masih ingusan dan terlelap dengan sangat pulasnya *mgkn karena kecapean 12 jam perjalanan* pas bangun aku kaget karena di sapu tangan ayahku penuh dengan noda “iler cocorico”
    wakakaakakak….

    thx, jadi inget masa lalu..

    [Reply]

  2. wahaha. ada anak mas sama wafer superman.. kegemaran gw dulu ^^ .. tapi saya anak 90-an. waktu itu bakso harganya 250 perak. ketoprak 300 perak. duit jajan saya sehari 1 coin 100 perak.. hihi.. *mengenang masa anak2 cowok bercelana mini*

    btw, itu gambar chiki-nya bernostalgia banget :D

    [Reply]

  3. Wah ma’af ….. saya belom lahir saat ituh.

    Tapi dulu paling suka : choky-choky, permen sugus, wafer roma, permen karet ala lupus, es goyang, aromanis, limun, rujak bebek, kwaci, amami (mirip anak mas tapi cuma seperempatnya), vitacham, susu ultra, jambu air tetangga, kweni tetangga, jamblang tetangga, dan banyak lagi …. udah lupa.

    .::he509x™::.

    [Reply]

  4. ni kayaknya udah pernah di post yah?
    btw sayah ga tau tuh jajanan kayak gitu, soalnya kata mama gak sehat, jadi dari kecil aku dibiasain makan makanan organik.. *minta ditabok*

    [Reply]

  5. lagi nostalgia, atau lagi menyatakan ‘senioritas’? :lol:

    nambahin… selain anak mas, ada juga “mamee”, rasanya ga kalah sama anak mas, dengan ritual makan yang sama (dikasih bumbu setelah diremukin, trus makan di dalem kelas sambil dengerin pelajaran – hmm, nikmatnya dobel)

    [Reply]

  6. tic tac..wah salah satu permen kesayanganku.. gan nyangka aku menemukan kembali di dubai.. and aku jadi ingat waktu massa kecilku.. eh pas buka blog kamu kok kebetulan banget.. pas.. lagi ngasih koment aku lagi makan tic tac..

    [Reply]

  7. huaaa itu yang anak mas kesukaan saya tuh, hargana dulu rp.50 aja. uang saku cuman 100 tapi isa dapat 2 bungkus ,,heheh aku suka rasa keju,..bumbunya bo,,wuuu kerasa banget!

    [Reply]

  8. kalo gak salah dulu ada permen yang pas masuk lidah langsung kayak gemeritik kitu (bahasa apa iini) ya pokoknya kayak meloncat2 gitu di lidah.. apa ya namanya? lupa.. ada yg pernah makan itu?..

    sama permen susu yg bungkus dalamnya itu bisa dimakan dan buatan cina itu loh, tapi sekarang dah gak boleh beredar..

    [Reply]

  9. Kalo unda gen-90an (maksudnya SD-nya taun 90-an), klo jajanan dulu yang unda ingat sama kayak om ronggur, ntah apa namanya, tapi itu permen bisa meledak-ledak, seru. Trus yang paling seru jelas banget jagoan neon yang bisa bikin lidah kita warna-warni, belum lagi sering ada bonus mainannya. Hmm. Oh iya unda juga suka beli permen (ntah apa namanya) judi, ups, itu permen isinya 5 biji, tapi yang manis cuman 4, jadi klo beli bareng mesti ada yang apes, hehehe, seru aja
    Oh iya ada lagi, permen sarsapilla, yang iklan di tipi-nya orang meksiko itu.
    Coklat ayam emang enak, tapi semenjak ada gosip miring unda gk pernah makan itu lagi.

    [Reply]

  10. Buat Unda dan Ronggur, kayaknya yang kalina maksud permen Poprock deh. Itu masih ada kayaknya di pasaran.

    Terus ada jajanan lain yang belum disebut dimas. Es Joly-Joly. Es aneka rasa buah2an, tapi aku paling seneng rasa Coklat dan Anggur. Itu lho yang bentuknya kayak sosis pendek bantet sebesar genggaman tapi dalam satu bungkus ada dua yang masing ujungnya digabung. Jadi kalo mau diparo, mesti bakal adil. Paling enak disruput dari tengah dari ujung2 tersebut.

    Terus juga ada permen yang klo gak salah isinya lima butir. Aku menyebutnya permen bola-bola. Gak pernah inget dan tahu merk benernya apa. Yang jaga warung udah ngerti dan seringkali tinggal ngambil di stoples, jadi tidak ada kebutuhan untuk berkomunikasi dengan yang jualan hehe,,,

    The good ol’days

    [Reply]

  11. wafer superman itu harganya cuman 25 dulu. .
    beli 1 buah pake duit 100 kembali 75 :D:D . ..

    chiki paling top tuh .. . tapi trus banyak ssaingan kaya citato chetos dll

    [Reply]

  12. dimas.. saya tdk suka jajan karena aa gym blg itu dosa.. makanya dia kawin lagi. he..)

    tapi saya mau beli permen mas.. permen Davos, Permen cicak, ama Sugus. Punya..?
    kalo ga punya, permen Tanah Abang juga gpp…oh, itu preman ya?
    Preman sembada… (hihihi.. candaan lokal, jogja only)

    [Reply]

  13. Waaaa…. ma’eman ya udah amat sangat kuriiiindu sekali…
    jadi inget ama anakmas, dulu cuman rp.50 doank isinya lumayan banyak…
    truz naek, naek, dan naek hingga jadi rp.500, isinya jadi dikit bangeeeet, tp skarang uda gak ada kabarnya sama sekali!
    klo wafer superman masih ada mas! sekarang harganya 500 perak, rasa masi tetap sama lho!

    [Reply]

  14. huah….., kangen makanan jaman cilik…. oya permen yg sarsaparila itu kan Mr.Sarmento dan ada jg kacang Mr. P , msh ada kyk ny di supermarket yah….

    Wah Chiki emang ga ada duanya deh……, btw chiclets msh ada ga sih???

      Dimas: chiclets di luar negeri masi ada ci :D

    [Reply]

  15. ada permen pindy twist, ada bakso kojek… ada pang pang.. lagunya Mickey Rainbow, Julius Sitanggang, acara TV nya Si Unyil, Klompencapir, Film Akhir Pekan, Cerdas Cermat… weh.. Jadul bangett..

      Dimas: kakaka… julius sitanggang dan klompencapir, happening sekali ituh! :D

    [Reply]

  16. permen yang klo kita beli ga ada bungkusnya warnanya kaya pelangi ga ada bungkusnya bentuknya bulat rasanya manis, keras dan langsung diambil di toples. tolong apa namanya ak kangen berat.

      Dimas: haduh dicky, kok gak pernah tau ya perasaan, ada yang bisa bantu teman-teman? :D

    [Reply]

  17. kalo es jolly inget ga ? ya bisa “dipatahin” di tengah jadi 2 biji terus disruput :)

    btw, gimana kalo dimas jg nge-bahas 80’s dr segi musik. Gue demen bgt tuh musik2x 80’s :)

      Dimas: eh es jolly? iya! iya! daku inget, enak itu, kikiki…
      hm ada ituh tigis, di 20 lagu teromantis versi sayah, lumayan buat menghibur sementara, hehe…

    [Reply]

  18. berasa pnah baca ni artikel di sitenya lapanpuluhan? dirimukah yang bikin artikel di sana?

      Dimas: eh mungkin saja si *belum pernah buka lapanpuluhan* soalnya sayah juga menyadur tulisan teman saya *dengan seijinnya tentunya, huehe*

    [Reply]

  19. lek…chikix satu..hehe

    maz tambahin artilel makanan tradisionalx jg—kyk “brondong jagung” mungkin skrg dah di kenal kyk “Pop corn”..hehehe…
    jd inget waktu nipu lelek yg suka jualan didepan SD..hehe

    request foto lelek yg jualan y…supaya ikut tenar..hehe

    thx maz dimas bwt flashback ke masa silam..
    huhu..tangis te rsedu2… :cry:

    [Reply]

  20. Chelsea….aduh, thank buanget nih…sudah ingatin tentang permen itu…karena pada waktu kita-kita kalo pada main bersama, entah itu lomba nyanyi atau cerdas cermat antar teman pasti dapat hadiah permen chelsea…duh jadi kangen ya…kalo bisa dibandingin sekarang sih setara kopiko….

    [Reply]

  21. dimaz, klo ga salah dulu ada yang kaya2 chiki gitu, judulnya “Tootsie” apa ya.. tapi tetep paporitku “krip-krip” ama “anak mas”…
    klo boys bandnya trio libels, sampe2 mimpi jadi anggota ke-4 (pikir2 lagi sekarang…huweek…najis) gwakakaka… :lol:

    [Reply]

  22. permen chelsea ku…
    permen yg biasa ku beli di warung depan rumah…
    walaupun lg bokek tetep beli isian satuan…
    (dijual per biji juga lohhhh…;) ===> baekan yah penjualnya
    coba deh masih ada…diborong abissss….
    i love it…

    [Reply]

  23. Aduh, sampe terkikik sendiri baca artikel ini, aku langsung inget gaya konyol bajuku saat masih kecil dulu, bergaya gak jelas sambil megang bungkus chiki di arena PRJ…..

    [Reply]

  24. wiiiiwww…seru banged tuch,wow..cocoricona yang rasa jeruk akyu syuka,chiki yang cuklat akyu syukaa….jadi inget masa2 80an itu :cool: :cool: meski gw masih kecil tapi ingeet,tambahan ya dim:
    ~ permen pagoda pastiles,kesukaan bapak
    ~ permen cicak yang wanawani bulet2 kecil tuch..
    ~ biscuit mary
    ~ coklat koin yaa..
    ~ permen susu sapi[nyang gambarnye sapi tuch]
    bacaan sebagian:
    ~ lima sekawan,sapta siaga,hardyboys,bobo,majalah mode,doyok poskota,komik petruk..
    serial tipi:
    ~ rumah masa depan,aji sang jenius[inget ga yang anak kecil pake kc.mata tuuch],unyil,isaura,little house in the prairer[gadis kecil yg kepang 2 gigi ompong hihi],aci,jendela rumah kita,datuk maringgi,midun[sandy nayoan di sengsara membawa nikmat]

    adduuuuhh..jadi kanggeen ke masya2 itccuu.. :wink: :wink:

    [Reply]

  25. nambah dim permainannna beyum :grin: ,ne yang sering gw mainin ma temen2:
    ~ lompat karet xixi..
    ~ petak umpet
    ~ gobak sodor[pas terang bulan seru bangedd!!]
    ~ dompu
    ~ ular naga panjangna[apaan ya namana :grin: ]
    ~ umbi2an yang ditarik2 tuuch
    ~ bentengan.
    waaa..seru banged semuanya dimainkan secara berkelompok,jadi ada rasa kebersamaan,tidak seperti skrg……
    tengkyu diim…[tlah mengingatkan pada masa masa indah dolo..heheh]

    [Reply]

  26. ngakak liat bungkus chiki di masa awal “terbit”. inget pertama kali makan chiki. harganya kalo nggak salah 200 perak (ato 800 ya? lupa!), jaman es-de, yang beli tante, waktu nungguin gw selesai ngeriting rambut di salon. :lol:

    [Reply]

  27. duh klo liat artikel ini jdi kpngin kecil lgi :sad:
    dlu waktu kecil motto gwe “TIADA HARI TANPA MAKAN CHIKI”
    emang enak y hidup di tahun 80’an. lapangan bermain masih banyak trus makanan’a sehat” N enak”.
    klo anak” jaman sekarang pling main’a di warnet berjam-jam duduk di depan komputer.

    [Reply]

  28. postingan lama yang digali kembali,
    kalo ada yang minat sama chelsea, bisa dicari di supermarket impor terdekat
    kapan hari pernah lihat di sogo, -dengan harga internasional tentunya,- tapi setara dengan memori masa kecil

    [Reply]

  29. permen cicek….inget gak?
    biasanya selalu ada di sekolahan gitu, 1 plastik kecil harganya kalo gak salah si Rp25. warna warni kinclong banget deh tuuuu…

    sama permen karet pusan…ada yang panjang panjang (kalo itu jadi iconnya lupus ya si hilman) ada juga yang bentuknya kotak kotak…..dan yang sampe sekarang masih ada..cuma mungkin gak di warung….adanya di supermarket besar dan gak bisa beli bijian hehehhe permen karet yang bulet bulet warna warni (curiga kayaknya pewarna tekstil deh ) heheheh

    [Reply]

  30. yaampun,… :razz: :razz:
    jadi nostalgila nih…
    walaupun masa kecil di awal 90an, tapi masih ngerasain chiklet, coklat ayaM, wafer superman, dan yg paling kangen sama anak mas..
    eh btw anak mas masih diproduksi apa nggak ya??
    klo udah nggak, kayanya harus diproduksi lagi tuh, klo perlu kita demo ke HI…

    [Reply]

  31. Ada yg ketinggalan…Permen yg bentuknya bunder dikasi gula putih..packagingnya kaleng bulat…Rasanya ada jeruk, anggur…apa lagi ya..Lupa namanya..Mungkin ada yg ingat?

    [Reply]

  32. Halo dimas, website lu akan lebih keren kalau plus lagu2 80 an yg bisa di download,di jamin deh banyak yang kangen sama lagu2 masa itu termasuk aye masih cari lagu angel paff “Harapan Cinta”.Salam 80’s

    [Reply]

  33. wah jd pengen…. Nostalgia euy.
    tapi masih ada yang kurang, kl gw tuh dulu waktu SD hobi bgt sama snack yang namanya MIMI, ky anak mas tp mienya udh dikremes gt, warna kemasannya kuning n putih…. :smile:

    [Reply]

  34. Salam Kenal semua,
    Mungkin ikut nambahin aja…dulu wkt kecil mah inget betul suka jajan..Agar-agar yg dicetak pake cetakan Unyil, pa raden dll. …ingeet kan!! :mrgreen: terus kalo pulang sekolah mah…biasa iseng (nyobain lotre) di warung dekat rumah ku..Hi,,Hi :wink: (meski di larang Ayahku,,,,Haram Cenah)…Ockay Salam Semuanya :lol:

    [Reply]

  35. wow.. senangnya bisa nostalgia masa kecil..
    that so memorable..
    btw ada yg tau ga dimana bisa nemuin krip2 lagi?…
    kangen..

    [Reply]

  36. ada yg ketinggalan tp lupa namanya,bentuknya sich kayak coin tipis gt dlm 1 bks isinya banyak warnanya merah kecoklatan rasanya yang gag bikin lupa assssseeeeeeeemmmmm bgt dan terkadang nich masih ada kalo mo nyari d supermarket gede

    [Reply]

  37. hahaha… masa paling indah tuh taon2 segitu… masih inget Bung Damtur ga..? ituloh penyiar radio yg suka kirim2 salam… In bgt tuh ditaon segitu… repot bgt jaman segitu ya mau kirim2 salam aja susah mau telp ke radio hrs repot ke telp umum dah gitu temen2 dah nungguin depan radio tapi ga masuk2!!! hahaha seru bgt klo sekarang sih tinggal SMS dah disiarin komen kita di radio..!!

    [Reply]

  38. mmmh kayaknya masih ada permen tahun 80-an yg terlupakan dech.. mmh permen gula asem.. bentuknya kecil.. kayak gundu kecil terus ditaburin gula pasir.. dibungkus pake plastik putih transparan… tiap abis olahraga waktu SD.. sudah pasti nyari permen gula asem… waktu aku ke solo juli 2011 ternyata masih ada juga tuch permen gula assem.. tapi di jakarta sudah tertelan oleh jamban.. eh jaman… :D

    [Reply]

  39. DuIu aq paling suka Chiki rasa Kacang & bawang goreng, dimakan sama nasi anget didepan TV sambil nonton Unyil… Hahaha…

    Btw, inget gk sama permen Jelly Morello, Gizanda snack & Tootsie snack ????

    [Reply]

  40. Itu semuanya udah pernah saya lahap mas, beberapa diantarnya bahkan masuk makanan era 70an seperti Chiklet, Chelsea, pagoda pasti les dll..tengkyu temani ia back to 70-80an mas.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco