All posts filed under: kuliah oh kuliah

#Day12: Alasan Untuk Bahagia

comments 4
kuliah oh kuliah / mencintai hidup / yogya kita

Tiba-tiba saya teringat masa-masa saya menjalani OSPEK sewaktu menjadi mahasiswa baru UGM dulu. Seperti biasa kami harus mengikuti orientasi mahasiswa tingkat universitas sebelum mengikuti orientasi tingkat fakultas. Salah satu tujuannya adalah agar mahasiswa baru bisa saling mengenal antar fakultas, sehingga dibentuklah kelompok-kelompok yang terdiri dari perwakilan berbagai fakultas dan jurusan. Pada masa itu saya bisa dibilang mahasiswa yang (sebenarnya) berkecukupan. Selain saya sudah menjalani kuliah setahun sebelumnya di kampus swasta dengan biaya dari orang tua […]

#Day9: Pengalaman Yang Mahal

comments 2
kuliah oh kuliah / mencintai hidup / tentang sahabat

Pagi hari ketika saya sedang dalam perjalanan ke kantor tak sengaja saya membuka linimasa Twiter. Ada satu twit dengan lampiran gambar yang langsung menarik perhatian mata saya. Gambar yang bertuliskan, “Selamat Selikuran Dagadu Djokdja”. Dalam bahasa Jawa, selikur itu diterjemahkan menjadi 21. Ternyata usia produsen kaos khas dari kota Jogja ini sudah menginjak usia yang tak bisa dibilang sebagai remaja lagi. Pada usia yang sama, waktu itu saya masih bekerja paruh waktu di Dagadu Djokdja. […]

dagadu djokdja itu…

comments 37
cerita seru! / kuliah oh kuliah / tentang sahabat / working world / yogya kita

Masa kuliah daku merupakan fase masa yang paling seru. Gimana gak seru kalau masa kuliah daku kalau di total bisa mencapai 9 tahun? Hihihi. Walau sepanjang waktu itu daku menghabiskan waktu di lima fakultas berbeda sih… Ho oh, lima. Kaget? Daku aja kalau sekarang mikir, apa yang ada di otak daku pada masa itu, ya? Ck ck ck… Terlepas dari masa kuliah yang lama, daku bersyukur bisa kenal dengan berbagai karakter dari seluruh penjuru Indonesia. […]

mitos-mitos di jogja itu

comments 65
cerita seru! / kuliah oh kuliah / yogya kita

Kalau mau kembali lagi ke Jogja harus minum air selokan Mataram? Atau kalau mau lulus kuliah cepet harus memeluk Tugu Jogja? Wah, pasti pada penasaran, emang bener harus seperti itu? Tinggal di Jogja lebih dari sepuluh tahun tampaknya cukup bagi saya untuk mendalami sedikit banyak denyut kehidupan kota ini, kota yang sering dianggap sebagai pusat budaya Jawa. Budaya yang bisa dibilang sarat akan mitos-mitos yang berkembang dan tentu saja sudah turun-temurun diceritakan oleh masyarakat sekitar. […]

mulutmu harimaumu

comments 38
cerita seru! / kuliah oh kuliah

Pernah denger kata mutiara Mulutmu Harimaumu? Nah ini salah satu contoh cerita yang masih membuat daku ingin melarikan diri ke Zimbabwe sampai sekarang. Padahal dah kejadian waktu awal kuliah magister dulu, hihi… Begini ceritanya: “Duh Mi, beneran deh tuh dosen ribet banget. Kata anak-anak masa kita harus beli buku karangan dia! Mana tiap habis beli, kita harus tanda tangan di daftar absen pula, pasti deh, yang beli ntar dapet nilai A.” Dengan semangat menggebu-gebu aku […]

skripsi yang malang

comments 10
kuliah oh kuliah

Pagi tadi dengan semangat Supersemar daku ngacir ke kampus. Ngapain Dimas? Apalagi kalo bukan buat bimbingan skripsiku yang udah jadi prasasti dengan debu setebal 5 senti di atasnya karena udah gak kesentuh hampir… *menghitung dengan jari* ya… kira-kira satu tahun lebih lah! Hihi… Jadi inget obrolanku dengan Dita sohibku dari kelas magister beberapa waktu yang lalu, Dita: “Dim, piye skripsimu? Mosok udah mau wisuda magister malah S 1 nya belum? Padahal… Bukannya dirimu udah ngerjain […]

magister hukum bisnis menulis

comments 58
cerita seru! / kuliah oh kuliah

Setelah daku pontang-panting setengah hidup dan setengah mangap mengurus ujian pendadaran sampe berhasil dieksekusi lulus, akhirnya sampai juga daku ke tahap ngurus wisuda. YES! Pada awalnya daku pikir yang namanya ngurus wisuda tentu saja tak susah, paling tinggal ngisi formulir dan bayar wisuda, kelar dah! *abis itu kipas-kipas sambil minum soda gembira di taman* Tapi… Impian tak seindah kenyataan kawan. Kuliah di kampus yang besarnya se-lapangan bola dikali seratus, terus dibagi dengan pola jajaran genjang, […]

tesis membawa berkah (part two)

comments 24
cerita seru! / kuliah oh kuliah

Guys! Akhirnya daku LULUS juga! Yippie! *tatapan bingung dari pembaca* Ya… Ya… Memang kemaren daku masih heboh sekali cerita tentang tesisku yang dianggap soto sama dosen pembimbing tercinta. Tapi good newsnya adalah… Sabtu lalu ketika daku dengan langkah sangat tidak percaya diri untuk bimbingan kedua, dan setelah menunggu sampe jenggot 2 meter saja *karena tidak begitu lama* akhirnya daku – si tampan ini – masuk ke ruangan bimbingan. Pasang senyum selebar tiga jari dan rambut […]

tesisku ibarat soto (part one)

comments 23
cerita seru! / kuliah oh kuliah

Sudah setahun lebih aku mengerjakan skripsi dan setengah tahun pula aku hampir gila mengerjakan tesis. Memang sungguh ide brilian kuliah di dua strata yang berbeda dalam satu waktu dengan bidang studi yang sama *dan satu gedung pula!*. Dan lebih bodohnya lagi, kedua tugas akhirku ini berkonsentrasi dengan hal yang berbau minyak dan gas bumi *karena penasaran juga sama kerjaan bokap*. Bidang keilmuan yang gak indah banget kalo dihubung-hubungan dengan hukum. Bahkan kalo di Fakultas Hukum […]