#3 Soyjoy Healthylicious: Gym for the Dummies

comments 2
Uncategorized
0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Filament.io 0 Flares ×

Dimas rajin nge-gym? Hah yakin lo nge-gym, Dim?! Dan masih banyak lagi sederet pertanyaan dengan wajah seakan tak percaya ala sinetron dari temen-temen deket daku, hihi.. Bukan salah mereka juga sih, karena sejujurnya daku bukan tipe pria yang demen olahraga. Bukannya gak pengen, tapi karena sejak kecil daku mudah sekali sakit *atau emang malas ya? dududu…*. Otomatis, daku jadi anak ‘emas’ guru olahraga sejak SD sampe SMU, hihi… Inget banget tuh jaman SMU, cuma daku yang bisa duduk manis di pinggir lapangan sambil makan pecel, sedangkan temen-temen daku yang lain menatap iri sambil nendang bola kesana-kemari, wakakak. Tapi ada satu yang daku demen tiap olahraga, yaitu lari. Mungkin karena memang goal-nya jelas, mencapai garis finish dan kelar deh.

 

Begitu udah masuk kuliah, begh boro-boro olahraga, rajin masuk kuliah aja udah rekor tuh, haha… Sempat beberapa kali daftar ke gym untuk fitness sama temen-temen kos, adanya cuma niat doang. Abis bayar iuran bulanan gak pernah datang. Daku inget banget punya keinginan bisa ikutan nge-gym itu sejak taon 2002. Kebayang kan udah 8 taon yang lalu? Itu pun jamannya daku masih imut dan ganteng banget *digaplok pake barbel*

 

Alhasil ketika ada kesempatan untuk dapetin jatah nge-gym gratis di Celebrity Fitness FX plus personal trainer dari ajang Soyjoy Healthylicious, daku gak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Walau awalnya daku males-malesan seperti biasa untuk berolahraga seperti yang ditulis di laporan memalukan ini, akhirnya sekarang daku pun jadi rajin nge-gym, bahkan seminggu sampai lima kali! Gak pernah terlintas dibayangan daku bakal bisa serajin itu, mana jam daku untuk latihan biasanya dimulai jam 9 malam sepulang kantor, fiuh…

 

Tapi daku tau kok kekhawatiran temen-temen cowok yang mau datang ke gym. Mulai dari gak tau cara pake alat sampai risih melihat orang-orang itu ganti pakaian sesuka hati di loker. Maka dari itu daku mau berbagi tips ‘Gym for the Dummies’ supaya bisa berbagi pengalaman. Ini dia:

 

·         Mau nge-gym atau go go boys?

Begitu banyak pilihan pakaian untuk nge-gym, dari yang murah sampe yang mahal. Tetapi ternyata kuncinya satu, cari yang nyaman aja. Kaos yang kamu punya bisa dipake lho, apalagi kalo nyaman dan mudah menyerap keringat. Nah, kalo celana sebisa mungkin jangan pakai celana yang pendek banget atau hotpants, apalagi kalo dipaketin sama baju see through yang mengerikan, begh berasa ada show go go boys nyasar, iyuh! *jedotin kepala*

 

·         Bau apa nih?

Namanya olahraga pasti berkeringat dong ya… Tapi bukan berarti kalo nge-gym kita gak pake deo atau pun pengharum badan. Pake deh pewangi badan secukupnya. Jangan sampe orang yang nge-gym bareng kamu jadi pingsan karena mencium ‘bau tak sedap’. Eh ini berlaku juga buat kaos kaki kamu, kalo bisa setiap gym pake kaos kaki ‘baru’. Jangan lupa juga handuk kecil untuk mengelap keringat kamu.

 

·         Daku kan pengen jadi artis…

Paling penting itu, nge-gym harus dengan alasan yang jelas. Alasan untuk punya badan keren si gak papa, tapi jangan ngarep nge-gym satu bulan bisa punya badan sekeren pria L-Men kayak di majalah *keplak*. Daku setuju dengan apa yang dibilang trainer daku, jadikan nge-gym itu sebagai alasan kamu untuk hidup sehat, kalo nantinya punya badan bagus, itu hanya bonus.

 

·         Duh kok basah gini!

Paling males kalo pas mau pake alat, ternyata alatnya masih ‘basah’ karena keringat yang make sebelumnya. Karena kalo di tempat gym selalu dikasih handuk kecil, gunakan handuk itu sebagai alas alat fitness yang akan kamu pakai, atau minimal setelah pake di lap deh supaya yang make setelah kamu berasa nyaman.

 

·         Iya, daku biasa ngangkat beras di pasar…

Kalo pas pake PT memang enak, biasanya mereka udah setting beban alat yang akan kita gunakan. Tetapi kalo pas kita pake sendiri, biasanya kita harus ngatur beban yang akan kita angkat, mulai dari 5 kg sampai seterusnya. Nah, paling ngeselin itu kalo ada yang pake alat dengan beban kayak kulkas seberat 50 kg, eh pas kelar dibiarin aja gitu *injek-injek itu orang*. Jadi sebaiknya, setiap kita abis nge-gym, jangan lupa beban angkat alatnya dikembalikan ke posisi standar/awal ya…

 

·         Kok dia pake celana dalem doang!

Inget banget pertama kali daku nge-gym, pas di loker room daku shock ngeliat  orang-orang dengan cueknya buka celana, ganti baju, sampe mondar-mandir pake CD doang! Yang tadinya daku mau mandi abis nge-gym akhirnya pulang karena risih sendiri, doh! Tetapi setelah daku curhat di twitter dengan ‘pakar’ gym @carlotamba dan @glennmars, mereka bilang mah cuek aja selama kita gak ikut-ikutan, hihi. Jadinya kalo mau sopan, daku ikut saran Carlo kalo mau mandi. Cukup lepas kaos yang basah, tetep pake celana gym, langsung deh ke kamar mandi dengan bawa CD ganti dan alat-alat mandi. Baliknya juga gitu, tetep pake handuk, dan kalo mau pake celana tetep dipake itu handuk, jangan asal buka sembarangan di depan orang lain. Karena gak semua orang nyaman ngeliat orang ganti pakaian yang berasa di kamar sendiri itu.

 

·         Itu kan uap dari ruang sauna…

Malu bertanya, sesat di ruang sauna. Itu terjadi sewaktu daku mau nyoba sauna perdana bareng sama Aria, finalis cowok Soyjoy Healthylicious selain daku. Sesama new comer di dunia per-gym-an, adanya kami bingung nyari ruang sauna. Kok ada dua ruangan?! Yang satu penuh dengan uap, yang satu lagi selayaknya ruang sauna *tolah-toleh nyari bantuan*. Kami pun menyimpulkan kalo yang penuh uap itu ruangan untuk pembuangan uap dari sauna. Dan ternyata… ruangan yang penuh uap itu adalah ruang steam *jambak-jambak rambut Aria*. Maka dari itu, kalo kamu bingung di gym, jangan sungkan untuk tanya dengan petugasnya ya.

 

Sebenarnya masih ada beberapa tips untuk memulai aktivitas di gym. Tetapi yang pasti, sebelum kalian memutuskan untuk ikutan gym, harus dipikirkan juga konsekuensi lainnya lho, seperti menjaga pola makan dan asupan nutrisi, serta waktu untuk istirahat yang cukup supaya hasilnya bisa maksimal. Selain itu jangan lupa kalau mau ngemil, camilannya harus yang low GI, contohnya seperti Soy Joy, hihi… Nah, apakah kamu sudah siap untuk nge-gym? Eh tapi sebelum berangkat gym vote daku dulu yuk di http://bit.ly/votedimas setiap hari ya… (*)

The Author

An Indonesia-based lifestyle blogger covering city life, style, travel, gadget, book and menswear world.

2 Comments

  1. AHAHAHA…

    jadi pengen nge-gym deh..
    tapi ternyata mesti ngajak2 orang yg dah ahli ya.
    klo ga, sama aja ntar kayak situ yg planga plongo di tempat fitness. hehe..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco