#2 Soyjoy Healthylicious: Makanan Sehat = Low GI

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Filament.io 0 Flares ×

Daku lagi demen nge-gym. Kenapa nge-gym? Karena kalo daku demen maen bola bekel atau lompat karet pasti gak ada lagi yang mau maen sama daku… *digaplok*. Jadi gini, sejak daku terpilih jadi salah satu finalis program Soyjoy Healthylicious, daku pun mulai berfikir untuk hidup sehat ala Ade Rai. Setiap pagi daku makan putih telur sebanyak 30 butir plus daging mentah 1 kg, eng…. Gak segitunya ding, hihi… Intinya, daku sekarang memulai pola hidup sehat dari hal yang simpel: olahraga dan makan makanan yang sehat.

Pasti pada mikir, “emang gue bisa ya hidup sehat?”. Jujur, sejak tahun 2000-an awal, daku itu pengen banget nge-gym. Tapi entah apa daya, walau udah daptar ke fitness center, adanya malas buat ngejabanin. Mungkin karena memang gak punya target kali ya… Target! Itu yang penting hihi… Kalau sohib saya sesama finalis seperti Yuliana dan Aria pengen semakin bugar demi pernikahan mereka yang akan dilangsungkan taon ini, kalo daku sebenarnya simpel sih, pengen ngilangin lingkar pinggang, hihi…

Tapi… Ternyata target itu pun dimentahkan oleh personal trainer daku di Celebrity Fitness *yang dapet gratisan dari Soyjoy juga, yes!*. Intinya, target itu penting, tapi yang lebih penting adalah olahraga itu ya untuk kesehatan tubuh. Nah kalo nanti badan daku jadi keren, itu namanya dapat bonus dari usaha kita. Setelah dipikir-pikir bener juga ya…

Terus, kalo makanan sehat gimana Dim? Nah pernah dengar makanan Low GI belum? Awalnya daku juga bingung, apaan sih makanan Low GI? Setelah bertanya sana sini sampe gempor, plus gugling kemana-mana, akhirnya baru ngeh, kalo semua info yang daku cari itu ada di webnya SoyJoy Indonesia *tepok jidat*. Jadi ternyata nih, setiap makanan yang kita makan itu ternyata ada nilai GI-nya. Nah GI (Glycemic Index) itu sendiri artinya kurang lebih peringkat pangan menurut kadar gula darah berdasar efeknya terhadap kadar glukosa darah *nyontek dari sini*. Kalau makanan yang GI-nya tinggi akan gampang menaikan kadar gula darah kita dalam tubuh, padahal makanan yang baik untuk tubuh kita itu, yang lambat dalam menaikan kadar darah *yang artinya kudu low GI dong cin*.

Berasa ribet ya? Emang! Hihi… Bayangin aja, kalo dulu daku bisa makan fast food mpe berasa bego, sekarang kalau mau makan kudu mikir dan memperhatikan kadar GInya. Emang kenapa Dim kok penting? Gampang tuh jawabannya, karena ternyata nih, makanan-makanan yang High GI itu cepat banget diserap ama tubuh kita, jadinya kita cepet laper lagi deh, terus makan atau ngemil lagi kayak traktor ngeruk tanah *gigit-gigit kursi*.

Jadi temans, makanan yang baik buat kita itu ternyata makanan yang memerlukan waktu lama untuk diserap tubuh seperti makanan-makanan yang Low GI. Karena makanan kategori ini diserap tubuh secara perlahan, dan melepaskan glukosa secara bertahap pula ke aliran darah. Nah, karena ngelepas energinya bertahap sesuai dengan yang diperlukan tubuh aja, jadinya tubuh akan terus dapetin pasokan tenaga, dan sisanya gak disimpen jadi lemak *ngelirik lingkar pinggang sambil nangis dipojokan*

Menurut penelitian, berdasarkan nilai GlycemicIndex-nya makanan kita itu dapat dikelompokan menjadi 3 macam:

  • Pangan dengan nilai GI rendah/Low GI (< 55),
  • Pangan dengan nilai GI sedang/Medium GI (55 – 70)
  • Pangan dengan nilai GI tinggi/High GI  (> 70).

Kalau SoyJoy masuk yang mana Dim? Low GI dong, hihi… Kan GInya berkisar 23 sampai 28 dari skala 100 *sembunyiin stock Soyjoy di lemari*. Daku pun jadi nyesel, kenapa selama ini hobi banget ngemil cokelat, gorengan, sampe minuman bersoda tanpa rasa berdosa, huhu…. Padahal semua itu termasuk makanan yang GInya tinggi aja.

Nah, karena ceritanya daku pengen sehat nih, walaupun hasil dari medical check up tidak ada yang dikhawatirkan, tapi sejak menjadi finalis Soyjoy Healthylicious, daku jadi membiasakan diri mengonsumsi makanan-makanan yang Low GI. Misal: yang biasanya daku gak sarapan *dan itu sangat tidak sehat*, sekarang daku sarapan roti gandung yang Low GI. Makan siang pun daku mulai memilih-milih makanan yang daku asup, yang pasti nasi yang masuk karbohidrat High GI daku kurangi menjadi secukupnya, tapi dibanyakin sayuran, makanan yang direbus, atau kentang, hihi… Untungnya di kantor banyak Spy Agent yang selalu ngingetin, jadi sukses dah.

Selain itu karena daku juga nge-gym tentu gak lupa daku juga minum susu yang bukan full cream, tapi yang proteinnya tinggi dan sehat buat tubuh. Lalu apa lagi Dim yang Low GI? Masih banyaaaak, misalkan aja teh, kopi, pasta, telur, dan juga yoghurt. Kalo pengen tahu list lengkapnya klik aja disini yak.

Lalu bener gak sih Dim kalo kita pengen sehat dan kurus kudu banyakin aja ngemil buahnya? Nah ternyata nih, gak semuanya buah termasuk Low GI lho. Yang jelas-jelas termasuk Low GI tuh kayak apel, anggur, pir, jeruk, kelapa sama strawbery, sedangkan kalo sayur bisa brokoli dan kacang polong. Lha kalo pisang, mangga, nanas, pepaya sama jagung masuk Low GI ndak?

Ndaaak, hihi… Buah-buahan yang kamu sebutin barusan itu masuk ke golongan Medium GI. pelepasan energinya ketubuh ndak secepat High GI tapi juga ndak selama Low GI, jadi tetep aja gak terlalu bisa menahan selera makan kamu yang besar itu, hihi… Jadi mulai sekarang kalau mau makan, coba lihat masuk ke golongan yang mana makanmu itu. Low GI atau ndak nih? Tapi tentu saja makanan sehat harus diiringi olahraga juga lho ya…

Update Kompetisi Soyjoy Healthylicious

Sekalian ah daku mau update sedikit mengenai ajang yang hampir satu bulan daku ikuti ini, plus sekaligus bikin postingan terpanjang diantara 10 finalis, wakakak! *dikeplak combo*. Jadi ternyata daku menjadi pemegang rekor sebagai… yang paling dikit update blognya, huhu… Tapi… Tapi… Daku kan rajin cerita di twitter, hihi *ngeles*. Nah maka dari itu di bulan kedua daku pengen komitmen untuk lebih rajin berbagi cerita kepada temen-temen semua yaa. O iya, buat kamu yang punya Facebook yuk gabung di fans page ‘Send Dimas to Japan!!!’ yang diprakarsai dan dimoderatori sahabat-sahabat saya Hanny dan Dita*hugs!*. Selain itu seneng banget dapat dukungan dari keluarga besar milis Kopdar Jakarta, bloggers, temen-temen di semua akun jaringan social media, dan masih banyak lagi yang sungguh luar biasa *terharu*. Belum lagi tulisan dari seleb blog Jeung Silly yang diposting di blognya dan Ngerumpi.com yang sukses bikin daku pengen nangis di balik bantal di bawah temaram lampu kamar, hihi… Makasih ya jeung! *peluk-peluk*.

Selain itu, selama program ini pun banyak hal lucu yang bikin hari-hari daku semakin bewarna, misalkan aja kebodohan daku yang belum pernah nge-gym dan bingung ngeliat orang mondar-mandir dengan cueknya pake celana dalam, sampai dua temandaku di twitter ngasih wejangan ‘Gym for the Dummies’ dengan sukses, hahaha… Dan tentu postingan Spy Agent yang sukses nulis report tentang daku yang gak ngapa-ngapain di hari pertama nge-gym, hihi. Ah kalian lucu! *ngakak guling-guling* Yang pasti, daku gak akan berhasil dan semangat kalo tanpa dukungan dari orang-orang tercinta disekelingku, ya kamu, kamu dan kamu. Makasih yaaa…. *senyum paling manis* (*)

Note: jangan lupa terus vote daku ya DISINI (http://bit.ly/votedimas) yay! *thanks for Bena yang udah bikinin link ini, hihi*

4 thoughts on “#2 Soyjoy Healthylicious: Makanan Sehat = Low GI

  1. *sodorin list titipan belanjaan kalo dimas ke jepang* :shock:
    hihihihi aku kangennnn diiiimmmm huhuhuhuhuhuhu T_T
    *pecut diri sendiri pakai sabuk LV Dimas*

    [Reply]

  2. horeeeeeee.. Dimas apdet blog! Yay! :mrgreen:

    eh ini postingan hoax ya? Ga percaya kalo buah-buahan di gambar-gambar atas itu Dimas yang makan… *dududududu*

    ayo Dim. nyushi lagi yuuuuuks… :wink:

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco